Rabu, 25 Desember 2019

Jagoan Design

Menentukan Tata Letak.

Ketika menentukan tata letak, cara terbaik adalah menggunakan Grids/garis atau apalah yang memandu kita membuat tata letak/laytout yang simetris.

Apa sih gunanya menggunakan Grid? Mungkin itu pertanyaan kalian bukan? Grid sistem telah digunakan bahkan sebelum ada masa keemasan Internet, grids memandu kita membuat Blueprint sebuah sketsa, baik dari segi ataupun bidang apapun. Grids terbagi 2, grid horizontal dan grids vertical yang akan memandu kita. Saya tidak akan menjelaskan lebih dalam karena saya pun tidak terlalu mengetahuinya terlalu dalam. Bagaimana cara menggunakannya?

Grids bisa digunakan hampir di semua aplikasi desain, seperti Photosop maupun Firework, dan pada kasus ini saya akan menggunakan aplikasi Photosop dan Grids yang sudah ternama, 960 Grids. Sebelum melanjutkannya ada baiknya melihat, Blog/Website apa saja yang menggunakan 960 Grids, mereka menampilkannya di kolom bawah. Di dalam file yang kita download tadi akan ada banyak pilihan, dan kita akan menggunakan folder templates, buka saja folder tersebut, lagi-lagi kita disuguhkan banyak folder, kini pilih folder Photosop, setelah itu saya akan gunakan file dengan nama: 960_grid_12_col.psd, klik saja 2x dan aplikasi Photosop akan terbuka dengan file 960_grid_12_col.psd di dalamnya.

Jagoan Design - Dengan menggunakan panduan pada gambar contoh.png kita akan membuat layout sederhana disitu, yang akan menjadi panduan untuk membuat layout di dalam template Blog kita. Sebaiknya 'Sohib-M' pelajari terlebih dahulu bagaimana menggunakan sistem grids tersebut sebelum nantinya kita akan membuat file PSD untuk membuat layout utama Blog kita.

Source : https://www.kompasiana.com/mugianto/56cfcb1cc923bde30b32e5f6/5-langkah-penting-membuat-blog-berkualitas-bagian-konsep-desain?page=all#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar